eS_Ce KURNIA

Menikmati Sebuah Perjalanan

Belajar Navigasi Laut

Pernahkah berpikir bagaimana kapal di tengah laut bisa berlayar hingga sampai di tempat tujuan??? padahal laut kan luas, gak ada tanda alam seperti bukit, pohon, gedung atau apalah yang bisa di jadikan acuan. Kenapa kok gak tersessat ya???

Kalo rekan-rekan punya pertanyaan seperti itu, kita sama dong. (sama-sama gak ngerti dan pengen tau, hehehe..)

ternyata kawan-kawan, di kapal itu ada alat navigasi berupa GPS, kompas dan Peta. Jadi dari alat itulah para nahkoda bisa tau posisi mereka ada dimana sekarang. hm…simpel kan.

bentuk gpsnya seperti ini,

Angka 0*41.904′ & 117*36.324′ menunjukkan titik koordinat dalam peta atau titik (x,y). nah…dari koordinat tersebut kita akan tau posisi kapal dalam peta ada dimana.

kemudian angka 4.0 kt menunjukkan kecepatan kapal yaitu 4 knot. ( 1 knot = 1 mil laut/ jam). 1 mil laut = 1.852 km

lalu angka 66* itu menunjukkan arah haluan kapal. atau mudahnya sudut yang dibentuk antara garis sumbu utara dengan garis sumbu timur.

0* = arah utara
90* = arah timur
180* = arah selatan
270* = arah barat

sebenarnya masih banyak informasi yag bisa didapatkan dari alat gps ini. hanya saja sementara aku taunya itu aja. hehehe…..

semoga bermanfaat, kalo salah mohon dikoreksi, kalo kurang mohon ditambahi.

August 25, 2010 - Posted by | for me

3 Comments »

  1. mantap gan,,,ini sangat bermanfaat bagi saya pelaut pemula,terima kasih

    Comment by muh allink | February 16, 2012 | Reply

  2. ooooowwwhhhh yaya!!!!!

    Comment by Pasker Chandra Sie | September 29, 2012 | Reply

  3. luarrrrr biasa !!!!!!!!

    Comment by tony | March 19, 2013 | Reply


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: