eS_Ce KURNIA

Menikmati Sebuah Perjalanan

2 Hal yang Bikin Bali Beda…!!!

Akhir pekan lalu, tepatnya tanggal 27-29 Juni 2008 aku diajak Ibu ke Bali bersama rekan-rekannya Bapak Ibu Guru SMP Negeri 2 Tanggul. Acara ini diselenggarakan untuk rekreasi sekaligus perpisahan ibu ku dengan teman-temannya tersebut, karena Ibuku harus pindah tugas di tempat lain.
Rombongan guru-guru dan karyawan ini cukup besar karena masing-masing dari mereka membawa serta keluarganya, total kira-kira ada 100 an orang dan diakomodasi oleh 2 buah bus pariwisata.

Beberapa tempat wisata terkenal seperti Kuta, Bedugul, Garuda Wisnu Kencana (GWK), Joger, Tanah Lot dll menjadi tujuan kami selama 2 hari di Bali. Selama di Bali tiap-tiap bis didampingi oleh Pemandu Wisata yang menjelaskan berbagai hal tentang Bali dan Obyek wisata yang dikunjungi.

Selama berwisata di Bali ada dua hal yang membuat saya terkesan yaitu Fasilitas Toilet dan Parkir yang gratis. Mungkin toilet dan parkir ini masalah yang sepele tapi saya mendapatkan kepuasan dari situ, karena menurutku itulah yang membedakan tempat wisata di Bali dengan yang lainnya. Lihat saja tempat wisata yang ada di Jawa Timur seperti Bromo, Pantai Pasir Putih Situbondo, Pantai Watu Ulo dll, di tempat tersebut untuk toilet dan parkir pasti dikenai tarif tertentu. Anehnya tarif yang ditetapkan itu tak disertai bukti resmi seperti karcis parkir/retribusi, sehingga menimbulkan kesan/prasangka hal itu adalah Pungutan Liar.

Sebenarnya saya pribadi tak keberatan dengan adanya penarikan sejumlah uang untuk pergi ke toilet maupun parkir, namun demikian semuanya harus jelas dan resmi. Jelas maksudnya adalah aliran dana yang terkumpul itu akan kemana perginya, sedangkan Resmi adalah keputusan/Ketetapan itu merupakan Kebijakan resmi dari pihak yang berwenang dengan ditandai adanya karcis atau bukti lain.

Semoga tempat wisata lain di nusantara segera berbenah dengan meniadakan pungutan-pungutan liar seperti di tolilet dan tempat parkir. Sehingga para wisatawan akan merasa nyaman dengan fasilitas yang ditawarkan di tempat tersebut. Karena sesungguhnya masih banyak tempat-tempat wisata lain yang gak kalah menarik dari Bali, hanya saja fasilitas dan pelayanannya lah yang membuat tempat wisata tersebut kalah bersaing.

July 3, 2008 - Posted by | for us | , , , ,

1 Comment »

  1. Bener mas, makanya saya kerasan tinggal di bali 13 tahun. Jadi pengen balik k sana lagi.

    Comment by Arief Maulana | July 12, 2008 | Reply


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: