eS_Ce KURNIA

Menikmati Sebuah Perjalanan

Menyerah ato Strategi….

Kuliah di semester akhir ada enaknya juga ada gak enaknya. Enaknya, adik-adik kita bilang bentar lagi masnya lulus. Gak enaknya, beban pikiran jadi bertambah, entah itu mikirin TA (Skripsi) dan juga mikirin mo kemana setelah lulus.

Standarnya untuk mahasiswa yang sudah sampai pada semester akhir jumlah SKS yang harus ditempuh hanya sidikit, mungkin hanya beberapa sks saja selain sks TA itu sendiri, kalo di hitung dalam jumlah mata kuliah, mungkin hanya tingggal 2 atau 3 saja.

Beberapa kampus memang mengsyaratkan untuk mengambil TA / Skripsi mahasiswa harus memiliki sisa SKS sejumlah 10-12 saja, tujuannya agar TA nya dapat terselesaikan dalam satu semester tersebut.
Namun ada juga kampus yang tidak melakukan pembatasan itu, artinya jika IP nya memenuhi, mahasiswa boleh mengambil TA walaupun jumlah SKSnya masih banyak. Dampaknya adalah, mahasiswa tersebut kalang kabut mengurusi TA dan kuliahnya dan ujung-ujungnya gagal semua. Nilai kuliah jelek dan TA nya tak terselesaikan. Tetapi ada juga mahasiswa yang bisa mengatasi masalah tersebut dan akhirnya bisa lulus.

Kondisi yang terjadi pada diriku adalah tidak ada batasan dari kampus mengenai syarat sisa sks untuk mengambil TA, oleh karena itu dengan sisa 20 sks termasuk TA aku memberanikan mengambil judul TA.

Awal-awal semester masih semangat namun diakhirnya terasa berat, dikarenakan ada banyak tugas yang harus diselesaikan dalam waktu yang berdekatan. Karena itulah sebelum terlambat dikarenakan konsentrasi yang terpecah belah, aku putuskan untuk menghentikan pengerjaan TA, dan fokus menyelesaikan tugas kuliah yang lain.

Berarti jika nanti semua matakuliahku lulus, maka semester depan aku hanya tinggal mengerjakan TA saja.

Jadi, apakah dengan semua keputusan yang telah aku perbuat ini dikatakan aku sudah menyerah?? atau kah ini merupakan strategi??

aku belum bisa menjawabnya……

June 3, 2008 - Posted by | Uncategorized

1 Comment »

  1. Itu bukan nyerah mas, melainkan strategi yg bagus. Mas mungkin kalah dlm pertempuran TA, tapi tidak dlm perang LULUS. Bahkan sebuah kemenangan pun bth pengorbanan. NO VICTORY WITHOUT SACRIFICE Tetep semangat!

    Comment by Arief maulana | June 4, 2008 | Reply


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: